4 Fungsi Plat Besi Strip pada Bidang Konstruksi dan Transportasi

bangunan konstruksi dengan besi

Plat besi strip merupakan suatu material penting yang sering dijumpai di lingkungan sekitar, khususnya pada bidang konstruksi. Pada beberapa tempat jual plat besi strip seperti di toko-toko bangunan, menyediakan material ini dengan berbagai jenis ukuran mulai dari besi plat strip 6 mm, 10 mm dan masih banyak lagi. Berikut akan dijelaskan mengenai fungsi plat besi strip di kehidupan sehari-hari.

  1. Sebagai material untuk membuat lantai rumah bertingkat

Fungsi plat besi strip yang pertama yaitu sebagai material pembuatan lantai rumah. Jika anda ingin membangun sebuah rumah bertingkat atau dalam hal ini rumah lantai dua atau tiga, maka disarankan menggunakan plat besi strip sebagai material inti pembuatan lantai rumah bertingkat. Alasan memilih plat besi strip sebagai material lantai rumah tingkat adalah karena sifatnya yang kokoh, kuat dan tahan terhadap kondisi cuaca serta mampu menopang beban berat sekalipun. Saat lantai rumah anda kuat, maka secara otomatis dapat menghilangkan rasa khawatir, jika suatu saat nanti ingin meletekkan banyak perabotan dilantai tingkat rumah tersebut.

  1. Sebagai material pembuatan pintu gerbang dan pintu rumah

Plat besi strip paling banyak digunakan untuk pembuatan pintu rumah maupun gerbang. Selain itu plat besi strip juga sering kali digunakan sebagai material pembuatan pintu garasi mobil. Alasan penggunaan plat besi strip sebagai material pembuatan pintu rumah, pintu gerbang hingga garasi adalah karena jenis besi ini mudah dibentuk sesuai model dan desain pintu, karena terdiri dari material yang gampang dilas. Plat besi strip sangat lentur dan mudah dilas, maka dari itu, plat besi strip ini lebih gampang dibentuk mengikuti model desain pintu yang diinginkan.

  1. Sebagai material untuk pembuatan kanopi

Manfaat selanjutnya dari plat besi strip yakni dapat digunakan untuk pembuatan kanopi. Kebanyakan rumah khususnya rumah di area perkotaan memilih menggunakan jenis plat besi strip sebagai kerangka untuk membuat teras, pagar dan bagian halaman rumah yang terbuka lainnya. Penggunaan plat besi strip ini mampu memberi manfaat untuk melindungi rumah dari cuaca panas dan maupun pada saat musim hujan.

  1. Sebagai material pembuatan moda transportasi

Selain bermanfaat untuk kebutuhan konstruksi plat besi strip berfungsi juga dalam bidang transportasi. Penggunaan plat besi strip untuk kebutuhan transportasi dilihat pada mobil pengangkut atau pick up hingga bus. Pada bus bagian yang dibuat dari plat besi strip misalnya bagian injakan kaki.

Itulah beberapa fungsi dari plat besi strip. Bagi anda yang ingin menggunakan plat besi strip untuk kebutuhan konstruksi, maka dapat dibeli di toko-toko bangunan terdekat, untuk harga besi plat strip ini sangat terjangkau. Selain bisa dibeli pada toko bangunan, besi ini juga bisa dibeli secara online.

4 Fungsi Plat Besi Strip pada Bidang Konstruksi dan Transportasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top