Harga Pipa Schedule 40 dan Jenis yang Biasa Digunakan

Ilustrasi pipa sch 40

Jika ada yang bertanya apa itu pipa schedule? Mungkin pertanyaan tersebut sedikit membingungkan. Namun jika pertanyaan apa yang dimaksud dengan pipa sch 40? Banyak orang sudah mengenal dan mudah diartikan. Pipa sch 40 biasanya banyak ditemukan pada sektor industri, bangunan proyek tertentu yang memang membutuhkan alat pipa. Memang berapa harga dari pipa schedule 40? Pada artikel kali ini Anda akan menemukan jawabannya. 

Harga Dari Pipa Schedule 40

Pipa schedule 40 tergolong jenis pipa yang sangat populer dan banyak dibutuhkan baik untuk jaringan pipa air maupun pipa migas. Anda bisa menemukan jenis pipa tersebut di banyak tempat, bahkan bisa membelinya secara online. Jika Anda penasaran berapa harga dari pipa schedule 40, bisa browsing melalui internet untuk mengetahui harga yang dipasang oleh jasa penyedia. Hal ini dikarenakan standar harga pipa schedule 40 tiap daerah pasti berbeda-beda.

Informasi yang diperoleh dari beberapa supplier menunjukkan bahwa harga pipa schedule 40 berkisar Rp3 jutaan, kemudian ada juga distributor lain yang menjualnya dengan harga Rp2 jutaan. Walaupun selisih harganya memang agak jauh, tetapi terkadang kualitas barang juga berbeda-beda. Oleh sebab itu, cek dulu sebelum membeli untuk mendapatkan supplier ternama dan profesional. 

Jenis Pipa Sch 40 yang Paling Banyak Digunakan

Pipa schedule 40 tidak hanya memiliki satu jenis, tetapi 2 jenis yang berbeda. Jenis pertama adalah pipa welded dan pipa kedua seamless. Pipa welded sch 40 merupakan jenis pipa yang terbuat langsung dari plat baja. Baja tersebut sudah digulung kemudian di las dalam bentuk silinder. Maka dari itu, terdapat bekas las pada bagian tengan pipa. Namun jika pemesanan di proses dengan produksi yang sangat baik, maka bekas lem tersebut samar bahkan tidak terlihat sama sekali. 

Sedangkan pipa seamless sch 40 tergolong jenis pipa yang dibuat dengan cara melubangi bagian tengah besi silinder padat. Proses melubanginya bisa dilakukan dengan menggunakan alat khusus saat kondisi besi masih dalam keadaan panas. Dalam proses melubanginya pasti membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan proses pembuatan pipa seamless juga lebih panjang dibandingkan pembuatan pipa welded. Apakah Anda sudah paham perbedaan keduanya?

Jika ada pertanyaan lebih bagus yang mana? Kedua jenis pipa sch 40 sama-sama berkualitas. Namun memang penggunaannya disesuaikan dengan tujuan atau fungsi. Pipa seamless sejauh ini banyak diminati serta tidak memiliki garis weld. Bagi Anda yang membutuhkannya untuk kebutuhan pressure tinggi, pipa seamless banyak yang mengatakan tidak mudah rusak. Pipa welded memang tidak lebih awet, akan tetapi harga yang ditawarkan lebih murah dan proses pembuatannya lebih cepat. 

Mana nih jenis pipa yang Anda butuhkan? Tentukan pilihan berdasarkan kebutuhan. Jika tujuannya untuk transfer biasa, maka pipa welded bisa dijadikan pilihan. Namun jika kebutuhannya untuk transfer bahan atau cairan kimia, maka sebaiknya pilih pipa seamless.

Harga Pipa Schedule 40 dan Jenis yang Biasa Digunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top