Begini Cara Mendapatkan API Whatsapp Business Milik Anda Sendiri

Ilustrasi api whatsapp business

Jika sudah tahu definisi dan manfaat apa saja yang dirasakan saat menggunakan API whatsapp business, anda pasti tertarik untuk mendapatkannya, maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan whatsapp api? 

Sebelum bisa memiliki whatsapp api, perlu diketahui bahwa anda harus terlebih dahulu memiliki bisnis, selain itu tidak semua jenis bisnis juga bisa memenuhi syarat-syarat yang diajukan oleh pihak whatsapp. Sehingga anda perlu mengeceknya terlebih dahulu.

Berikut cara bagaimana mendapatkan whatsapp api.

  1. Jalin kemitraan dengan whatsapp api partner Indonesia

Anda tidak bisa mengunduhnya begitu saja secara gratis di google play store atau app store untuk mendapatkan WA API, anda hanya bisa mendapatkannya melalui partner resmi dari whatsapp. Perlu diperhatikan adalah agar anda memilih partner yang tepat yang bisa memberikan pelayanan yang optimal pada anda

  1. Siapkan akun whatsapp dan lakukan verifikasi

Untuk bisa mendapatkan whatsapp api, ada beberapa data yang harus diverifikasi terkait dengan bisnis yang anda jalani. Data yang diperlukan diantaranya adalah:

  • Nama usaha atau perusahaan milik anda
  • URL website perusahaan
  • Jenis industri yang dimasuki perusahaan
  • Daerah operasional bisnis anda
  • Facebook business manager yang harus anda miliki

Untuk bisa mengunggah data-data tersebut ke facebook business manager, anda bisa menggunakan bantuan dari partner resmi whatsapp karena seringkali prosesnya cukup membingungkan. Jika data tersebut sudah diunggah dan segala syarat telah terpenuhi atau telah diverifikasi, maka selanjutnya anda bisa mendaftarkan bisnis atau perusahaan anda secara langsung ke api whatsapp business.

  1. Aktifkan Nomor Whatsapp Sudah Anda Tentukan

Setelah pendaftaran anda disetujui oleh pihak whatsapp, maka selanjutnya adalah anda perlu menentukan satu nomor telepon yang bakal anda gunakan sebagai nomor WA bisnis. Perlu diingat adalah nomor ini tidak bisa anda ganti seperti halnya nomor WA biasa, jadi pertimbangkan dengan matang terlebih dahulu.

Jika sudah menentukan nomor, maka di nomor tersebut akan ada tanda centang hijau saat whatsapp api anda sudah aktif dan juga nama bisnis anda akan muncul secara otomatis pada layar pelanggan anda meskipun mereka belum pernah menyimpan nomor tersebut.

  1. Lengkapi Profil Bisnis Anda

Informasi-informasi penting seputar bisnis anda bisa anda masukkan di profil bisnis agar pelanggan bisa melihat sendiri sebelum menanyakannya. Informasi itu bisa saja katalog produk atau jasa, jam operasional, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan bisnis anda. Dengan begitu, nomor api whatsapp business anda sudah siap untuk digunakan.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan fitur istimewa whatsapp api. Apabila dalam prosesnya anda memiliki kendala teknis atau pertanyaan lainnya, maka jangan sungkan untuk menghubungi partner anda. 

Begini Cara Mendapatkan API Whatsapp Business Milik Anda Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top