Cara Cek Kesuburan Pria Melalui Analisa Sperma

Illustrasi Alat Tes Kesuburan Wanita

Cek kesuburan pria perlu dilakukan jika pasangan tidak kunjung mendapatkan keturunan. Walaupun sudah berusaha dan menempuh berbagai cara. Seperti yang diketahui, sperma merupakan syarat penting terjadinya pembuahan. Karena itu, sangat diperlukan sperma dalam kondisi sehat dari pria yang sehat pula untuk mendapatkan keturunan.

Mengenai Tes Analisis Sperma

Salah satu cara cek kesuburan pria yang paling bisa dilakukan dan cukup akurat hasilnya adalah analisa sperma. Jenis tes ini dilakukan untuk mengetahui kondisi sperma yang dimiliki si pria. Apakah ada gangguan tertentu sehingga sulit untuk memiliki  keturunan.

 Melalui, tes ini juga tingkat kesuburan pria bisa diketahui. Selama pemeriksaan ini, banyak sekali faktor yang harus dipastikan mengapa pria sulit mendapatkan keturunan. Hal ini juga yang membuat tes analisis sperma ini cukup perlu untuk dilakukan. 

Persyaratan Menjalani Tes Sperma

Sebelum melalui cek kesuburan pria analisa sperma, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pasien. Dokter juga akan menghimbau calon pasien untuk menghindari aktivitas tertentu sebelum menjalani tes, misalnya seperti :

  •       Menghindari rasa stress sebelum menjalani tes
  •       Tidak dalam keadaan sakit saat menjalani tes
  •       Tidak mengkonsumsi alkohol dan minuman dengan kandungan kafein dulu
  •       Jangan menggunakan pelumas saat mengambil sampel sperma
  •       Tidak berhubungan seks maupun melakukan masturbasi beberapa hari sebelum tes.

Hal-hal di atas perlu dilakukan agar sel sperma yang diambil dalam keadaan ideal saat di tes. Karena aktivitas dan kondisi di atas memiliki kemungkinan mengubah kualitas sperma.

Kondisi Sperma yang Dikatakan Sehat

Setelah sampel sperma diambil, maka cara cek kesuburan selanjutnya adalah menganalisisnya. Untuk menentukan apakah sel sperma dalam keadaan sehat atau tidak. Sel sperma perlu memenuhi 3 kriteria, antara lain :

  •       Morfologi dari sel sperma : sel sperma memiliki panjang 4.0-5.5. mm dan lebar 2.5-3.5 mm jika dilihat melalui mikroskop.
  •       Motilitas dari sel sperma : sperma memiliki kelincahan gerak di atas 40 persen.
  •       Jumlah sel sperma yang dikeluarkan : jumlah sel sperma yang ideal adalah per milinya ada 15 juta.

Itulah cara cek kesuburan pria melalui analisa sperma. Cara ini bisa ditempuh oleh pasangan yang ingin memastikan tingkat kesuburannya.

Cara Cek Kesuburan Pria Melalui Analisa Sperma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top