5 Kelebihan Genset Diesel Bila Dibandingkan dengan Jenis Lainnya

generator listrik

Genset diesel adalah salah satu dari berbagai jenis genset yang akan sering ditemukan dan dipakai di Indonesia. Genset satu ini memang sering dijadikan pilihan utama untuk di dalam industri sampai pemakaian rumah tangga. Genset diesel juga mempunyai banyak sekali kelebihan yang membuatnya selalu menjadi pilihan untuk menyediakan daya listrik cadangan di rumah maupun bangunan. Berikut ini kelebihan yang dimilikinya. 

1.Bahan Bakar Menjadi Lebih Efisien

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh genset diesel kecil adalah dari segi efisiensi bahan bakarnya karena mesin pada diesel tersebut bisa merubah bahan bakar menjadi tenaga listrik yang mempunyai tingkat efisiensi tinggi.

Inilah yang bisa menghasilkan jauh lebih banyak data yang berasal dari setiap satuan bahan bakar yang dipakai. Oleh sebab itu, genset diesel selalu dijadikan solusi ekonomis serta ramah lingkungan.

  1. Memiliki Peredam Suara di Beberapa Model yang Dimilikinya

Bahan bakar yang semakin efisien sehingga membuat beberapa model dari genset diesel dilengkapi dengan sebuah peredam suara yang memang dirancang untuk bisa membantu mengurangi tingkat kebisingan ketika mesin dioperasikan. Peredam suara yang dimiliki genset ini umumnya akan berasal dari bahan isolasi akustik dan juga struktur peredam bunyi yang dibuat khusus agar bisa menyerap suara. 

Hal ini akan membantu Anda untuk menciptakan lingkungan yang lebih tenang sehingga tidak menimbulkan polusi suara. Alasan inilah yang membuat banyak orang meliriknya. 

  1. Beberapa Modelnya Memiliki Fitur Elektrik Star

Ada beberapa model dari generator set diesel yang akan melengkapinya dengan fitur elektrik star. Kelebihan tersebut akan memberikan kemudahan dalam pemakaian, terutama di dalam situasi darurat maupun saat daya listrik dibutuhkan secara mendadak. 

Adanya fitur elektrik star tersebut akan lebih memudahkan Anda ketika menghidupkan genset secara mudah tanpa membutuhkan tindak manual yang rumit untuk dilakukan. 

  1. Kapasitas Dayanya Lebih Besar

Kemampuan dari genset diesel dalam memberikan kapasitas daya besar juga merupakan salah satu daya tarik utama di dalam pemakaiannya. Oleh sebab itu, kapasitas daya yang cukup untuk bisa menghidupkan berbagai macam alat maupun sistem membuat genset diesel bisa menjadi pilihan paling handal untuk bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan listrik yang sangat beragam. 

Terutama, genset diesel juga memberikan fleksibilitas pada pemakaian di lokasi yang memang tidak terjangkau dengan daya listrik umum. Misalnya, pada lokasi pertambangan kecil maupun lokasi konstruksi. 

  1. Melakukan Perawatan Lebih Mudah

Genset diesel banyak dikenal karena kemudahannya dalam melakukan perawatan. Mesin diesel di dalam genset pada umumnya akan dirancang lebih tahan lama dan membutuhkan perawatan yang lebih minim sehingga dapat memberikan keuntungan tambahan di dalam keandalan serta efisiensi usaha biaya operasional. 

Bukan hanya itu saja, bila dilakukan pemeliharaan secara sederhana, misalnya mengganti filter dan melakukan pemeriksaan secara rutin, maka Anda bisa memperpanjang masa penggunaan pada mesin dan juga mencegah kerusakan yang bisa saja timbul karena kelalaian.

5 Kelebihan Genset Diesel Bila Dibandingkan dengan Jenis Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top