Atap Multiroof, Mari Mengenalnya

memilih atap rumah ramah lingkungan menggunakan atap multiroof pasir

Di zaman sekarang, pilihan menutup genteng atau atap sudah sangat banyak dibandingkan saat dulu. Jika dulu kebanyakan adalah genteng tanah liat, tapi sekarang sudah beragam pilihannya seperti keramik, kaca, asbes, multiroof, dan lain sebagainya. 

Atap multiroof pasir adalah salah satu yang banyak dipilih sekarang ini. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengetahui lebih jelas tentang atap ini. Berikut pembahasannya. 

Apa Itu Atap Multiroof?

Atap atau genteng multiroof merupakan atap berbahan metal yang ringan tapi juga kuat. Terdiri atas dua lapisan atap, struktur atap yang sederhana membuatnya jadi pilihan untuk rumah yang sederhana. Bahan dasar kuat membuat atap ini pun tahan lama. Jenis atap ini juga tak mudah bocor, tahan banting, serta anti lumut dan jamur. Itulah yang menjadi alasan atap ini banyak digunakan di Indonesia yang punya udara lembab. 

Keunggulan yang lain dari atap ini adalah warnanya yang cukup beragam. Atap ini dicat menggunakan teknik khusus yang membuat warnanya tak mudah pudar dan tetap cerah. Apalagi, harga atap ini dapat dikatakan terjangkau untuk seluruh kalangan. Biaya pemasangan serta perawatannya juga mudah.

Mengenal Lebih Jauh Atap Multiroof

Atap multiroof pasir terbuat dari material metal atau logam. Genteng satu ini memiliki nilai estetika tinggi. Keunggulannya pun banyak, seperti bisa tahan lama, tak mudah untuk retak, tahan api, dan cukup aman.

Bahan yang dipakai untuk membuat genteng ini adalah baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat, campuran coraltec yang mana membuat lapisan bagian atas terlihat seperti berpasir. Lapisan tersebut yang biasanya menahan panas dari sinar matahari supaya tak masuk ke dalam rumah. 

Bahan-bahan itu juga yang bisa membuat genteng menjadi awet dan tahan lama. Selain itu, anti jamur, tahan bocor, hingga anti lumut. Tak heran cocok untuk kondisi di Indonesia yang udaranya lembab. 

Ukuran ketebalan atap ini bermacam-macam, umumnya dari 0,20 – 0,40 milimeter serta berat genteng cukup ringan, Anda tak perlu menggunakan rangka atap lebih rapat untuk itu. Kemudian, atap juga mempunyai banyak model, warna, serta daya tahan.

Jenis atap ini seperti Stainless Steel, Galvalume Steel, Standing Stream, Multiroof Berpasir, dan Multiroof Tembaga. Lalu pastinya semua mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Anda tinggal sesuaikan dengan yang diinginkan dan dibutuhkan untuk rumah. 

Namun, saat pemasangan atap ini, Anda membutuhkan atap rangka dari baja ringan supaya mudah di dalam proses pemasangannya. Supaya tak copot saat terkena angin kencang, Anda harus ekstra rapi, teliti, serta berhati-hati saat pemasangan. Selain itu, jika menggunakan baja ringan, pemasangan atap akan lebih cepat. 

Atap ini pun termasuk ramah lingkungan dan tak perlu biaya tinggi di dalam perawatannya. Oleh sebab itu, Anda bisa langsung memilih atap ini untuk menjadi genteng rumah masing-masing. 

Demikian pembahasan tentang atap multiroof pasir agar Anda lebih mengenalnya sebelum menggunakannya untuk rumah. 

Atap Multiroof, Mari Mengenalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top