Pahami Perbedaan Baja Ringan Kanal U Dan Kanal C

Illustrasi Pembangunan Gedung Baja Ringan Kanal U

Bagi Anda yang sudah sering mendengar tentang baja ringan mungkin tidak akan kesulitan membedakan baja ringan kanal u dengan kanal c, meski tidak semua paham tapi Anda bisa dengan mudah menemukan perbedaannya meski hanya melihat sekilas saja, lantas bagaimana yang belum paham benar cara membedakan kanal c dan kanal u?

Bentuk Kanal C

Apabila Anda baru mengetahui tentang inovasi dari baja ringan mungkin sedikit merasa bingung dalam membedakan antara tipe satu dengan lainnya, ada beragam tipe varian yang bisa Anda temukan di pasaran, sesuai dengan namanya baja ringan kanal c merupakan besi kanal yang memiliki bentuk seperti huruf c.

Tidak hanya bentuknya saja yang berbeda dengan tipe lain tapi masing-masing kanal tentu memiliki fungsinya masing-masing, baja ringan kanal c atau yang juga disebut dengan baja ringan CNP biasanya digunakan sebagai konstruksi membuat pagar pengaman, mengapa harus kanal CNP?

Baja ringan kanal c ini dipercaya lebih kokoh sehingga cocok digunakan untuk membuat pagar, selain kokoh digunakan membuat pagar kanal c juga digunakan untuk purlin, berkat kekokohan tersebut mampu menopang beban berat di atasnya.

Bentuk Kanal U

Berbeda halnya dengan fungsi baja ringan kanal u yang umumnya digunakan sebagai konstruksi rangka atap, dari bentuk kanal UNP ini ternyata bisa memberikan kekuatan yang maksimal khususnya di bagian atap, Anda bisa menggunakan kanal UNP dengan beragam jenis atap seperti genteng hingga beton sekaligus.

Selain digunakan sebagai rangka atap baja ringan kanal u juga biasanya digunakan sebagai penopang jembatan kecil, jembatan-jembatan kecil masih sering ditemukan di daerah pedesaan, menggunakan kanal u maka beton bisa ditopang dengan baik sehingga jembatan tidak mudah rusak.

Baja ringan UNP sering digunakan untuk sistem saluran air, karena lebih mampu menopang beban berat tidak heran jika kekuatan baja ringan kanal u bisa menjadi pilihan yang tepat yang digunakan sebagai penutup bagian atas, mengingat saluran air berada di bawah jalan maka perlu proses pengerjaan yang akurat agar tidak mudah rusak.

Pahami Perbedaan Baja Ringan Kanal U Dan Kanal C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top